Friday, March 1, 2019

Vlan Trunking

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan saya yaitu sharing kepada anda semua nya. Sebelum nya apa semua nya baik - baik saja ? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu diberi kemudahana dalam melakukan hal apa pun.

Oke, kali ini saya akan sharing kepada anda semua nya tentang vlan trunking. Apa sudah ada yang tau apa  itu vlan trunking? Pada sub sebelum nya kita sudah melalukan konfigurasi vlan beserta penjelasannya. Jadi, kali ini saya akan sharing kepada anda bagaimana antar vlan tersebut bisa berkomunikasi dengan vlan yang lainnya yang vlan nya sama. Trunking ini dia membentuk sebuah link yang membawa vlan - vlan agar bisa berkomunikasi denga vlan yang lainnya. Semisal ada 2 switch berbeda namun vlannya sama yaitu vlan 10. Nah, dimana vlan 10 tersebut agar bisa berkomunikasi dengan vlan yang ada di switch atau perangkat lainnya dengan mode trunk interface yang terhubung ke suatu perangkat tersebut. Untuk kali ini saya akan lab vlan trunking menggunakan 2 switch. Yang mana setiap 1 switch nye memiliki 2 vlan berbeda. Setelah di mode trunking, buka berarti vlan yang berbeda bisa berkomunikasi, agar vlan yang berbeda biar bisa berkomunikasi bisa menggunakan switch layer3 atau router, yang mana akan kita lab kan setelah artikel mode trunking ini selesai.

  1. Pertama kita buat terlebih dahulu topologi nya seperti ini, saya menggunakan 2 switch.
  2. Buat vlannya dan sesuaikan interface mana yang akan di masukkan ke vlan - vlannya tersebut. Buat di setiap 1 switch atas dan bawah.
  3.  Lalu di mode trun kan interface yang terhubung ke switch tetangga.
  4. Begitu juga sebaliknya, switch yang lawan juga di mode trunking interface nya yang terhubung ke switch lawan.
  5. Setalah itu ping vlan yang sama tetapi di beda switch. Untuk vlan yang sama pasti akan Reply.
Dimana vlan yang berbeda ini bisa berkomunikasi denga vlan lainnya, bisa menggunakan switch layer 3 atau router. Untuk lab nya bisa di lihat di sesi berikut nya.

Refrensi

eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat

Dengan lab ini kita bisa menghubungkan sesama vlan walaupun beda perangkat atau device. Bisa saling berkomunikasi dengan sesama vlan.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabil ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung atau konfigurasi lab nya yang kurang jelas atau salah. Bisa anda kirim kan saya masukkan saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara private kepada saya. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb










0 coment�rios:

Post a Comment