Wednesday, March 13, 2019

STP ( Spanning Tree Protocol )

Assalamualaikum wr.wb

Kembali lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan sharing saya kepada anda semua nya. Sebelum nya bagaimana kabar anda semua nya ? Semoga saja baik - baik saja dan selalu di beri kemudahan dalam hal apa pun dan menemukan inovasi baru di dunia ini.

Kesempatan kali ini saya akan sharing kepada anda semua nya bagaimana lab dari STP ( Spanning Tree Protocol ). Pada sub sebelum nya kita sudah membahas sedikit tentang STP, namun belum ngelab tentang STP nya. Jadi, gak afdol kan apabila hanya pengetahuan saja, jadi kita lakukan juga lab nya. Sedikit kita membahas tentang STP biar gak lupa, jadi STP ini suatu pemblokingan terhadap interface yang mana agar mencegah terjadi suatu looping pada interface, maka akan terjadi nya redudancy. Gampang nya, apabila ada sebuah link yang down pada switch, nanti akan di forward kan ke link satu nya. Langsung saja lab kan STP nya.

  1. Pertama buat topologi nya, sederhana saja.
  2. Lalu cek setiap switch nya. Dengan perintah ( sh spanning-tree ).
  3. Lalu di switch yang warna kabel nya hijau semua, di beri priority yang berbeda dengan switch yang lainnya. Yang mana nantinya akan digunakan untuk mencegah terjadi nya link yang down dan bisa di redudanc.
  4. Bisa cek lagi demgan perintah yang sama ( sh spanning tree )
    .
  5. Maka akan berpindah link yang akan di bloking nya.
Dengan demikian pemblok an di switch bisa diatur di switch mana saja dengan menentukan switch mana saja yang akan di buat bloking.

Refrensi

linux/eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat

Dengan STP ini kita bisa mencegah terjadi nya looping akibat paket yang lewat dan menyebabkan jaringan down. Jadi, bisa menggunakan STP ini yang akan mencegah nya.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kata - kata yang salah dan konifgurasi yang tidak benar sehingga anda tidak paham. Bisa anda beri saya saran, krirtik, dan komentar di blog saya. Semoag bermanfaat dan sukses. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment