Thursday, March 21, 2019

DHCP Mac Static

Assalamualaikum wr.wb.

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Bagaimana kabar nya semua nya? Apa semua nya baik - baik saja. Semoga saja semua nya baik - baik saja ya.

Oke,kali ini saya akan melanjutkan kegiatan saya yaitu sharing tentang dunia IT. Nah, pembahasan kali adalah bagaiamana kita membuat DHCP Mac Static. Apa sudah ada yang pernah melakukan konfigurasi ini di mikrotik? Ya, DHCP Mac Static ini adalah sebuah konfigurasi yang mana dia membuat client atau user ini tidak bisa berganti ip address, DHCP Mac Static ini ada hubungannya dengan DHCP Server yang mana dia memberikan ip secara otomatis kepada client nya yang merequest lalu ketika client itu sudah mendaptakan ip otomatis nya maka ada batas waktu yang sudah di atur ketika konfigurasi DHCP Server. Yang mana ketika client sudah habis masa waktu nya memakai ip DHCP Server dia akan melemparkan ip nya kepada client lainnya. Nah, bagaimana client tersebut bisa menggunakan ip address tersebut? Bisa, dengan menggunakan DHCP Mac Static, yang mana ip address nya tetap atau itu - itu saja. Tujuannya juga bisa digunakan untuk memonitoring client. Untuk lebih jelas nya, langsung saja konfigurasi nya.

  1. Pertama kita tentukan terlebih dahulu client mana yang ingin di jadikan ip tetap. IP => DHCP Server => leases => double klik clientnya.
  2. Setelah itu klik Mac static.
  3. Setelah itu, beri tanda centang pada use src.Mac address = > Apply => Ok.
  4. Maka ip client akan tetap.


Masalah

Disini saya mengalami masalah, bagaiman cara nya mengatasi ini? Apa anda bisa mengatasi nya ? Kalau bisa bisa sharingkan kepada saya atau beri masukkan kepada saya.

Manfaat

Jadi anda bisa memanagement ip yang akan digunakan oleh client tersebut ip yang tetap atau sama, yang tujuannya untuk memonitoring client tersebut.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung atau konfigurasi yang salah, karena saya juga mengalami masalah ketika konfigurasi. Jadi mohon bantuannya dan masukkan nya. Bisa anda berikan saran, kritik, dan komentar di blog saya atau private. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment