Saturday, March 23, 2019

Membuat Server Voip di Debian 8.6.0 jessie

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan saya seperti biasa nya yaitu sharing kepada anda semua nya. Semoga apa yang saya sharing kan ini bisa bermanfaat bagi anda semua nya ya. Amin.


Oke, kali ini saya akan sharing tentang server. Nah, pada kesempatan kali ini saya bisa sharing kepada anda apa yang sudah saya lakuin dan di oprek terus yang mana konfigurasi server yang saya lakukan ini bisa membuah kan sebuah server VOIP. Sudah pada tau kan apa itu server VOIP ? Sebuah teknologi yang memanfaatkan sebuah server dan jaringan yang ada, yang mana di gunakan untuk berkomunikasi dengan yang lain. Jadi, server ini menyimpan dan membuat sebuah operator yang ada pada suatu jaringan yang tujuannya bisa berkomunikasi dengan yang lain. Contoh di sebuah perusahaan lalu dimana karywan tersebut bisa berkomunikasi dengan yang lain tanpa harus ada sebuah pekerjaan fisik atau berjalan menuju kepada orang yang ingin berkomunikasi dan server VOIP ini menggunakan jaringan setempat yang mana ketika kita berkomunikasi dengan yang lain tidak harus menggunakan data seluler atau pun pulsa, melainkan menggunakan jaringan yang sudah ada. Server VOIP ini di gunakan sebagai penyimpanan sebuah data client dan penyedia layanan VOIP kepada client. Untuk lebih lanjutnya bisa kita langsung saja ngoprek server VOIP nya, yang menggunakan server kamailio dan unutk software yang di gunakan di android nya menggunakan zoiper, yang akan saya sharingkan berikut nya bagaimana cara nya menyetting zoiper nya.

Sekarang kita buat dahulu server nya:

  1. Untuk membuat server nya kita menggunakan Debian, anda juga bisa menggunakan Ubuntu. Jadi, pertama kali install Debian server nya.
  2. Lalu tambahkan repository Kamailio nya. Karena saya kali ini menggunaka  server kamailio.
  3. Selanjutntya, download kunici gpg kamailio nya. 
  4. Lalu update. 
  5. Lalu, install mysql-server nya. Yang di gunakan untuk penyimpanan data. ( Jangan lupa sandi nya ).
  6. Selanjutnya, install kamailio modules nya.
  7. Setelah install kamailio nya, edit kamailio nya. ( Hilangkan tanda pagar # ).
  8. Masuk ke konfigurasi default kamailio nya. ( Buang tanda pagar # ).
  9. Buat database kamailio nya. 

  10. Selanjutnya restart kamailio nya.
  11. Lalu cek apa sudah bisa jalan atau belum kamailio nya, dengan port 5060.
  12. Untuk membuat layanan kepada client, yang nanti nya di verifikasi di software android yaitu zoiper. 
Anda sudah membuat server VOIP nya, untuk menjalankan server VOIP nya menggunakan software android nya, bisa kita cek di artikel selanjutnya.

Refrensi

eBook Debian/kamailio.pdf

Manfaat

Dengan ini kita bisa menggunakan jaringan yanga ada dan bisa di buat nya server yang tujuan bisa berkomunikasi dengan orang dalam satu lingkup wilayah contoh nya di sebuah perusahaan atau lembaga.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata atau konfigurasi yang tida tepata atau salah bisa anda berikan saya masukkan saran, kritik, dan komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment