Monday, March 18, 2019

Jaringan LAN menggunakan Switch

Assalamualaikum wr.wb

Hay! Sobat Networker semua nya. Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan sharing saya seperti biasa nya.

Oke, kali ini saya akan sharing kepada anda tentang mikrotik. Ya, pembahasan kali ini akan membuat jaringan LAN sederhana menggunakan kabel atau seperti di LAB sekolah. Yang mana saya sudah pernah sharing tentang cara nya membuat hotspot dan menembak nya. Nah, itu juga termasuk sebuah jaringan LAN, akan tetapi ada bedanya dengan jaringan LAN yang kita buat sekarang ini. Perbedaannya adalah hanya saja terletak bagaimana kita memberikan akses kepada client - client nya. Untuk di jaringan LAN wireles ketika client ingin mendapatkan akses internet atau koneksi, client harus mempunyai authentikasi agar bisa connect ke jaringan wireles tersebut. Apabila di jaringan LAN yang menggunakan switch atau menggunakan kabel kita tidak perlu authentikasi untuk connect ke internet, tetapi tinggal di dhcp client saja host kita. Jaringan LAN menggunakan kabel ini biasa nya banyak di implementasikan di sebuah LAB sekolah, warnet, atau pun perusahaan. Untuk konfigurasi nya tidak begitu rumit dan susah. Berikut cara langkah - langkah nya.

  1. Pertama kita menembak wifi terlebih dahulu, karena saya tidak berlangganan dengan ISP. Apabila anda berlangganan dengan ISP, tidak perlu menembak wifi, hanya saja tinggal colokkan di ether internet router anda, lalu setting DHCP Client ether internet nya. Kali ini saya menggunakan wireles, wireles ini menembak wifi. Agar mendapatkan koneksi internet.
  2. Setting DHCP client di wireles 1 ( wlan 1 ). Karena interface yang pertama kali mendapatkan internet adalah ( wlan 1 ). Apabila menggunaka ISP, ether internet yang di setting DHCP client.
  3. Setelah wlan 1 connect ( Running ). Setting ip address pada ether 2. Karena ether 2 ini nanti nya yang akan menjadi DHCP Server atau yang akan terhubung ke switch.

  4. Setelah itu, setting DHCP Server pada ether 2. Nantinya ether 2 ini akan memberi ip otomatis kepda client - client nya yang sudah disertai dengan koneksi internet dari wlan 1.
  5. Beri DNS server nya. Bisa menggunakan Google, DNS Nawala, Comodo secure, dll. Kali ini saya menggunakan DNS Google.com.
  6. Atur firewall nya. NAT, iChain ( srcnat )=> Out. Interface ( wlan 1), Action ( masquerade ). Apply => Ok.
  7. Setelah itu, sambungkan ether 2 yang ada pada router ke switch. Terserah mau di colokkan ke port berapa aja. Colokkan juga kabel dari switch ke host ( komputer atau laptop ). 
  8. Di host setting, DHCP client atau request DHCP client.
  9. Setelah dapat ip DHCP client. Maka test dengan browsing semau anda.

Manfaat

Dengan ini anda bisa membuat jaringan LAN sederhana atau ingin memberi koneksi pada komputer anda ketika komputer anda belum ada internet nya di tambah lagi komputer tidak ada wireles nya. Ketika ingin membuat jaringan LAN yang sehat juga bisa menggunakan DNS Nawala atau pun memblokir situs - situs yang tidak baik.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung hati anda atau konfigurasi yang membingungkan. Bisa anda beri saya masukkan, saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara private. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment