Friday, March 29, 2019

Pengenalan HTML

Assalamualaikum wr.wb.

kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya bersama anda semua nya. Sebelum nya bagaimana kabar nya semua nya ? Apa semua nya baik - baik saja atau ada yang sedang mengalami masalah? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu di beri kemudahan dalam hal apa pun.

Kali ini saya akan sharing kepada anda semua nya. Pembahasan kali ini saya melenceng sedikit atau tidak melanjutkan sharing yang bertentangan dengan dunia jaringan atau server lainnya. Melainkan kali ini saya mencoba expert pemrogaman yang di mulai dari dasar nya yakni HTML dan CSS. Untuk para pemrogamer pasti nya sudah tidak asing lagi dengan HTML dan CSS. HTML ini adalah merupak dasar atau pondasi bagi seorang developer web untuk membuat sebuah website. Bayangkan kalau anda membikin sebuah rumah lalu anda tidak membuat dasar nya atau pondasi nya, maka akan hancur atau ambruk rumah tersebut. Bahkan tidak akan tau hasil nya gimna nanti nya kalau tidak memiliki pondasi nya. HTML ( Hyper Text Markup Language ) adalah bahasa format yang di gunakan untuk membuat sebuah halaman website. HTML mengapa di namakan sebagai pondasi sebuah website, bayangkan anda memiliki website namun tidak bisa di tampilkan website nya atau kosongan isi nya. Apakah bisa menarik pengunjung untuk mengunjungi website anda itu. HTML bisa dibuat di software yang di gunakan untuk ngoding, seperti notepad++ dan sublime dan masih banyak lagi yang saya tidak ketahui. Teks HTML ini di simpen dalam file estensi .html yang bisa di eksekusi di sebuah web browser seperti chrome, firefox, mozila, dan masih banyak lagi. Teks HTML tidak akan menarik apabila hanya saja menggunakan HTML, karena HTML sifat nya dinamis dan kurang menarik. Jadi, HTML memerlukan CSS yang mana agar HTML ini bisa dinamis atau berwarna tampilannya dan enak di pandang. Selain CSS juga ada untuk menjadi dinamis teks HTML nya, seperti javascript, dan PHP. HTML sendiri tersusun dari berbagai tag yang memiliki fungsi masing - masing. Karena setiap tag nya itu bisa, berisikan tag heading, paragraf, from, tombol, list, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lanjut nya, mari saya lab kan untuk awalan ketika expert teks HTML nya.  Sebelum nya teks HTML harus di awali dengan tanda sudut kurng <> untuk membuat tag di dalamnya dan di akhiri sudut kurung lagi dengan slas </>.
  1. Kali ini saya akan membuat teks sederhana di body dan judul nya.
  2. Memberikan ukuran teks tersebut yang ada pada body nya. Maka anda nanti nya akan bisa memilih yang sesuai dengan body teks ukuran mana yang anda pakai.
  3. Lalu membuat tulisan tersebut menjadi sebuah link yang nanti nya apabila di klik maka dia akan pergi ke link yang sudah di tujukan di kodingannya. Semisal, tulisannya ingin di redirect ke https://www.w3schools.com/.

Demi sedikit kita mengetahui kode - kode yang menandakan akan di buat apa kode tersebut dan guna nya akan di buat apa.

Refrensi

Belajar HTML Dasar Pengertian HTML v2.pdf

Manfaat

Setelah kita tau HTML merupakan sebuah dasar atau fondasi dari sebuah website yang mana harus ada bagi untuk membuat sebuah website yang di gunakan oleh developer.


Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabil ada kesalahan dalam kata- kata yang menyinggung atau lab yang kurang benar sehingga membuat anda tidak paham.  Semoga apa yang saya sharingkan ini bisa bermanfaat dan bisa berguna meskipun sedikit. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment