Wednesday, November 4, 2020

Peralatan Komputer

 Assalamualaikum Wr.Wb.


    Hallo kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Bagaimana kabarnya semuanya sebelumnya ? Semoga saja tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.  Kali ini saya akan melanjutkan sharing saya, yakni tentang peralatan komputer. Tentu saja beberapa peralatan tidak asing lagi bagi IT profesional. Langsung saja sebagai berikut.

1. Mainboard / Motherboard

Alat ini disebut papan induk adalaha sebuah hardware yang berfungsi sebagai penghubung anatar perangkat komputer dengan lainnya. Jadi semua perangkat seperti RAM, hardisk, processor, dan lainya akan terhubung dengan motherboard.




2. Processor

Procesor merupakan sebuah alat yang sangat penting sekali, bisa di sebut otak komputer. Karena alat ini di gunakan untuk semua proses yang masuk atau keluar di komputer. Benda ini sangat sensitif sekali dan mudah panas. Karena terdapat beberapa pin pada tempat procesor nya, yang tidak boleh sampai melengkung pinnya.




3. Harddisk

Harddisk merupakans sebuah hardware yang digunakan untuk media penyimpanan data dari komputer. Terdapat harddisk internal dan external juga. Dengan alat ini kita bisa menyimpan sebuah data ke harddisk yang sesuai dengan kapasitas hardisk nya. Berbagai merk procesor seperti Intel dan AMD.




4. RAM atau memory 

Alat ini merupakan sebuah perangkat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara ketika komputer berjalan atau nyala. Jika komputer di restart maka data akan hilang dari RAM.




5. Power Supply 

Alat ini merupakan perangkat yang di gunakan untuk menghubungkan arus listrik ke komputer. Yang memberi daya listrik dengan merubah tegangan AC menjadi DC. Di karenakan motherboard dan perangkat lainnya tidak bisa menampung tegangan listrik yang sangat besar.




6. Monitor

Monitor merupaka sebuah perangkat yang di gunakan untuk menampilkan hasil atau output dari pekerjaan komputer. 




7. VGA Card / Video Car

Perangkat ini merupakan sebuah hardware yang digunakan untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar VGA spesifikasinya semakin bagus kualitasnya. Tak jarang banyak sekali Komputer sudah menggunakan VGA yangt baik di gunakan untuk bermain game atau lainnya.



8. Keyboard

Alat ini merupakan sebuah hardware yang di gunakan untuk mengetik yang di inputkan ke komputer. Yang terdiiri dari Angka, Huruf, dan simbol - simbol.



9. Mouse

Mouse merupakan sebuah hardware dengan bentuk menyerupai tikus yang di gunakan untuk menggerakkan kursor di layar komputer atau laptop.

 


Sumber Refrensi 


https://elshinta.com/news/147453/2018/06/07/ini-dia-jenisjenis-perangkat-keras-komputer-yang-harus-anda-ketahui

www.almaata.ac.id


Demikian artikel saya saya sharingkan kepada anda semuanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata atau pernyataan yang menyinggung. Silahkan berikan saran atau kritik apa bila ada kekurangannya. Terima kasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 coment�rios:

Post a Comment