Thursday, March 28, 2019

Routing OSPF

Assalamualaikum wr.wb.
kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya bersama anda semua nya. Sebelum nya bagaimana kabar nya semua nya ? Apa semua nya baik - baik saja atau ada yang sedang mengalami masalah? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu di beri kemudahan dalam hal apa pun.

Kali ini saya akan sharing kepada anda semua nya. Tentang routing OSPF yang mana routing ini termasuk dalam protokol routing dynamic yang mampu menjaga, mendistribusikan informasi routing dan mengatur jaringan setiap ada  perubahan jaringan, routing ini akan merubahnya juga secara dynamic. Routing ini termasuk kategori IGP ( Interior Gateway Protocol ) yang memiliki kemampuan Link-state dan djikstra. Dalam operasi nya OSPF menggunakan protokol 89. Untuk lebih jelas nya bisa kita lab kan.







  1. Pertama kita buat topologi nya terlebih dahulu sederhana saja.
  2. Lalu hapus perintah routing EIGRP nya, hampir sama dengan routing EIGRP nya. Hanya saja kita kita ketikkan ( no route eigrp 10 ) untuk menghapus routing tersebut. Lalu, ganti dengan route ospf ID. Setiap ID harus lah berbeda - beda di setiap router nya dan masukkan network nya. beserta area nya. Di setiap network harus lah  berbeda. Di bawah ini adalah di ke 3 router.







  3. Routing ospf di router 1.
  4. Routing ospf di router 2.
  5. Routing ospf di router 3.
  6. Lalu coba ping dari router 1 ke 2.
  7. Bisa di cek ip route nya. Di salah satu router.
Untuk  cara nya cukup mudah, hanya saja kita tinggal menghapus routing eigrp yang sudah saya lab kan sebelum nya. Disini

Refrensi

eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat

Routing ini mampun mengatur, mendistribusikan sebuah jaringan apa bila ada perubahan yang terjadi di jaringan tersebut. Maka routing ini akan mengikuti perubahan yang terjadi.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata- kata yang menyinggung atau konfigurasi yang salah atau tidak benar. Bisa anda berikan saya masukkan saran, komentar, dan kritik di artikel saya ini. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment