Friday, March 1, 2019

Metode Pengiriman IPv4

Assalamualaikum wr.wb.

Kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Yang mana saya akan melanjutkan kebiasaan saya yaitu sharing yang bertentang dengan dunia IT. Meski apa yang saya sharingkan ini tidak begitu banyak, namun tidak ada salah nya saya sharingkan ini kepada anda semua nya. Semoga apa yang saya sharingkan ini bisa bermanfaat.

Oke, kali ini saya akan sharing tentang bagaimana metode cara pengiriman Ipv4. Yang mana Ipv4 adalah ip address yang sudah banyak di implementasikan di dunia ini yang digunakan untuk berkomunikasi, baik itu bertukar data atau pun lainnya. Nah, ip address ini adalah ip yang sering kita gunakan. Tau kah bagaimana cara nya metode IPv4 ini bisa berkomunikasi? Dalam IPv4 metode pengiriman nya ada 3 yaitu Unicast, Multicast, Dan Broadcast. Nah, untuk anak TKJ atau orang IT pasti sudah pada tau apa ini.

Unicast merupaka metode pengiriman IPv4 yang sifat nya point to point atau one to one, lebih simpel nya dari sumber ke tujuan itu saja. Bisa di ibaratkan anda berbicara 2 orang dengan topik yang sudah di tentukan, nah 2 orang ini lah seperti one to one atau unicast, karena hanya 2 orang ini lah yang bisa apa yang sedang di bahas tanpa ada orang ketiga. Unicast bisa digunakan di protokol HTTP,FTP,SMTP,Telnet,DNS,SSH, dll.

Multicast merupakan metode yang selanjutnya yang ada pada IPv4, yang mana dia ini berkomunikasi dengan cara one to many. Yang mana satu pengirim yang menerima banyak, atau dalam analogi nya. Seperti anda tau ketika ada orang yang menerima bantuan air bersih, nah itu kan hanya satu pengirim namun yang menerima orang banyak, seperti itu lah kalau dari pandangan saya atau ketika anda melihat anak sekolah, nah itu kan ada 1 guru yang mengajar kepada murid nya yang lebih banyak. Yang mana intinya one to many ini, satu paket di kirim ke banyak penerima. Multicast ini menggunakan ip address 224.0.0.0 - 239.255.255.255. Multicast ini berjalan pada protokol UDP. Yang mana UDP ini seperi anda melihat streaming di sebuah situs, nah di situ kan tidak bisa di pause. Apa bila di pause juga pun video streamingan itu akan berlanjut sesuai dengan aslinya.

Broadcast merupakan suatu metode pengiriman dalam IPv4 juga. Yang mana metode ini membroadcast semua penerima nya kecuali sanga pengirim atau one to evryone. Atau bisa dianalaogika, ketika ada presiden yang berpidato kepada rakyat nya, maka rakyat semua rakyat akan mendengar kan apa yang sedang di pidatokan. Atau juga ketika ada seorang yang berada di kerumunan orang banyak, lalu orang itu berteriak dengan kencang dengan memanggil salah satu nama, lalu ada seorang yang merasa namanya itu di panggil maka dia akan datang ke tempat dimana sumber suara yang memanggil nya itu. Jadi, seperti itu lah apabila implemetasiannya pada komputer. Ada 5 komputer dalam satu jaringan, lalu 1 komputer mengirim kan paket ke komputer 3. Lalu semua komputer itu yang berada dalam satu jaringan akan menerima paket yang di kirim oleh komputer sumber, apabila disalah satu komputer itu merasa yang di kirim paket nya maka dia akan menerima nya, apabila tidak merasa maka dia akan menolak nya.




Manfaat

Kita bisa tau bagaimana cara nya metode pengiriman yang ada pada IPv4 ada berapa aja dan apa saja penjelasannya. Yang mana harus kita ketahui juga bagaimana metode pengiriman yang sudah dibagi tadi, ada yang dengan cara Unicast, Multicasr, dan Broadcast.

Refrensi

Buku Best Path Network.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung anda semua nya dan apabila ada penjelesan yang kurang atau salah. Bisa anda kirim masukkan saran, kritik, dan komentar di artikel saya ini atau secara pribadi. Semoga apa yang saya sharingkan ini bermanfaat bagi anda semua nya. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.



0 coment�rios:

Post a Comment