Monday, March 4, 2019

Switch Layer 3

Assalamualaikum wr.wb.

Kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya yang sudah menjadi rutinan setiap hari nya.

Oke, kali ini saya sharing kepada semua yang sedang membaca artikel saya ini. Kali ini saya akan membhasa tentang bagaimana cara nya menghubungkan vlan yang berbeda dengan switch layer 3. Pada artikel sebelum nya saya sudah mensharingkan kepada anda semua nya bagaimana mengubungkan vlan yang berbeda dengans router. Nah, kan tdiak afdol kalau hanya menggunakan router saja, bisa juga menggunakan switch layer 3. Pada umumnya switch layer 3 ini sama dengan switch yang lainnya. Switch layer 3 ini menggabungkan teknologi switching layer 2,3, dan 4 yang memberikan kecepatan tinggi dan latency yang rendah. Switch layer 3 ini seperti router yang beralih ke informasi layer 3 dengan kecepatan pemrosesan dan switching. Untuk lebih lanjutnya langsung saja kita lab kan.

  1. Pertama kita buat topologi nya terlebih dahulu.
  2. Masukkan interface nya dengan vlan 10. Bisa langsung masukkan interface nya, lalu masukkan vlannya. Maka otomatis akan membuat vlan 10.
  3. Begitu juga dengan vlan 20 nya.
  4. Lalu beri ip address pada setiap vlannya yang nantiny akan di jadikan gateway pada hostnya.
  5. Lalu ketikan perintah routing.
  6. Cek ping terserah anda dari host berapa dan jangan lupa di beri gateway pada hostnya. Biasa nya kejadi ini  sering terjadi, sehingga tidak bisa saling ping.
Selain menggunakan router anda juga bisa menggunakan swicth layer 3 yang memiliki kelebihan seperti router. 

Refrensi

eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat

Manfaat nya hampir sama dengan router, tujuannya agar setiap vlan yang berbeda bisa saling ping.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung atau konfigurasi yang tidak begitu bisa di pahami. Bisa anda beri saya masukkan  saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara private. Semoga apa yang saya sharingkan ini bisa bermanfaat kepada anda semua nya. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment