Saturday, March 2, 2019

Router On a Stick

Assalamualaikum wr.wb.

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan saya yaitu sharing kepada anda semua nya. Sebelum nya apa semua nya baik - baik saja ? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu diberi kemudahana dalam melakukan hal apa pun.

Oke, kali pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan sharing saya kepada anda semua nya. Melanjutkan lab sebelumnya, bagaimana agar antar vlan yang sama namun tdiak dalam satu device bisa berhubungna dan berkomunikasi. Nah, kali ini saya akan sharing kepad anda semua nya. Bagaiama dalam satu switch tersebut terdapat 2 vlan berbeda namun bisa berkomunikasi denga vlan yang berbeda, tidak hanya satu switch saya disini kita akan lab kan dengan 2 switch yang masing - masing switch nya mempunyai 2 vlan berbeda. Jadi, untuk menguhubungkannya menggunakan switch layer3 atau router. Kali ini saya akan melakukannya dengan router, yang mana nanti nya akan 2 switch dan 1 router yang menepatkan 1 titik jalur akses nya yaitu 1 interface pada router nya yang akan memberikan jalur kepada vlan lainnya. Kemungkinan dengan hanya ada 1 interface saja yang jadi titik pusat nya maka akan terjadi collison atau tabrakan data. Teknik menggunakan router ini di sebut Router On a Stick. Untuk kekurangannya si pasti sudah jelas, yaitu collison data karena hanya menggunakan 1 interface yang langsung terhubung dengan 2 switch.

  1. Pertama kita buat terlebih dahulu topologi nya.
  2. Lalu bikin vlan nya dan masukkan interface nya ke vlan - vlan yang sudah di buat.  Seperti yang sudah saya sharingkan sebelumnya, bagaiaman cara memberikan vlan ke setiap interface - interface nya.
  3. Setting mode trunk untuk interface yang terhubung  router/ switch yang di atas .
  4. Setting mode trunk pada switch bawah terhubung ke switch tetangga.
  5. Setting di interface router yang terhubung dengan vlan yang ada di switch dan di beri ip untuk setiap vlan nya, untuk di jadikan gateway pada host nya.
  6. Lalu cek ping, antar vlan yang berbeda. Jangan lupa diberi gatewat untuk komputer host nya dengan gateway yang sudah di buat di atas tadi dan sesuai dengan vlannya. Maksunya, vlan 10 jadi  gateway nya 10.10.10.1 dan vlan 20 gateway nya 20.20.20.1.

Setelah anda berhasil berarti anda sudah bisa menghubungkan dan saling konek antaraa vlan yang berbeda dengan menambahkan router.

Refrensi

eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat

Dengan ini vlan yang terdapat di sebuah perangakt yang berbeda dan di satu perangkat tersebut terdapat 2 vlan yang beda, agar bisa saling konek dan terhubung. Yang mana sebelum nya apabila menggunakan trunking hanya sesama vlan saja dan tidak bisa berbeda vlan.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda  semua nya. Mohon maafa apbila ada kesalahan dalam kata - kata atau konfigurasi yang salah sehinggga anda tidak paham, bisa anda beri masukkan kepada saya dengan saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara private. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

    0 coment�rios:

    Post a Comment