Thursday, March 14, 2019

Konfigurasi Transparent DNS Nawala

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan saya yaitu ngeblog. Sebelumnya, bagaimana kabar nya semua nya ? Apa semua -nya baik - baik saja atau ada yang sedang mengalami kesulitan? Semog saja semuanya baik - baik saja dan tidak mengalami kesulitan atau di beri kemudahan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Transparent DNS Nawala. Sebelum nya apa sudah ada yang tau? Apabila sudah ada yang tau apa itu Transparent DNS Nawala, bisa anda sharingkan kepad kawan - kawan anda semua nya, karena berbagi itu indah. Transparent DNS Nawala, kenapa kok transparent? Diman kita ini tidak menyetting sebuah DNS nawala ini secara manual pad client, tetapi menyettting nya pad router, agar nanti apa bila ada trafic situs yang gak baik lewat bisa langsung di redirect ke DNS nawala. Untuk lebih lanjutnya bisa kita lakukan konfigurasi nya.

  1. Pertama kita buka winbox seperti biasa. Untuk meremote router nya.
  2. Lalu, klik IP => Firewall => NAT => klik tanda ( + ), lalu isikan seperi melakukan konfigurasi DNS nawala yang sebelum nya. Chain ( dstnat ), protocol ( 17 udp ), Dst.port ( 53 ).
  3. Selanjutnya, pindah ke menu Action. Isikan actionnya ( redirect ), To address ( IP DNS nawala nya ), To port ( 53 ) => Apply => Ok.
  4. Lihat hasil nya.
Manfaat

Dengan ini fungsi nya sama seperti melakukan konfigurasi sebelum nya, namun ini di setting di router agar client yang terhubung bisa langsung di redirect apabila ada trafic situs yang gak baik lewat.

Refrensi

ebook Modul Mikrotik MTCNA - Rifqi.pdf

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung dan konfigurasi yang tidak benar sehingga anda tidak paham, bisa anda kirimkan saya masukkan apa yang harus saya benarkan di artikel ini. Semoga bermanfaat dan sukses. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment