Monday, March 11, 2019

Perkenalan dengan STP ( Spanning Tree Protocol )

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada anda semua nya apa yang sudah saya dapatkan di hari ini. Sebelumnya bagaimana kabar nya semua nya ? Semoga saja semua nya baik - baiks saja dan di beri kemudahan dalam hal apa pun.

Oke, kali ini saya akan membahas tentang STP ( Spanning Tree Protocol ) yang mana STP ini terdapat di switch, stp sendri tujuannya adalah mencegah terjadi nya looping  pada switch yang menggunakan lebih dari 1 link.  STP sendiri dapat mencegah Broadcast strom, Multiple frame copies, dan database instability. Kenapa STP ini tujuannya untuk mencegah terjadi looping. Apabila ada sebuah switch yang mengirimkan packet dengan tujuan yang tidak di kenal mac address nya, maka switch tersebut akan membroadcast ke semua switch yanga terhubung di interface nya tersebut sehingga bisa membuat down jaringan. Untuk mengatasi nya bisa menggunakan STP yang mana memblocking port agar tidak terjadi nya looping. STP akan membloking salah satu port apa bila link utama down maka port bloking akan di forward. Jadi, akan tercegah nya looping.


cara kerja STP ( Spanning Tree Protocol ) :
  1. Ketika STP aktif, masing - masing switch yang ada akan saling mengirimkan frame khusus ke semua switch yang di sebut Bridge Protocolo Data Unit.
  2. Menentukan root bridge. Jadi apabila di sebuah jaringan LAN ada bebrapa switch yang saling terhubung maka akan ada salah satu switch yang mempunyai bridge id yang terendah. Default priority dalam switch adalah 32768 dan bisa di ubah.
  3. Menentuka root port dengan cara menentukan path yang paling terdekat dengan root bridge. 
  4. Menentukan designated port dan non-designated port. Untuk semua bridge root semua nya pasti designated port. Switch yang memiliki priority rndahg akan menjadi non- designated port. 

Refrensi

eBook Cisco/CCNA buat ngajar.pdf

Manfaat 

Dengan ada nya STP ini bisa mencegah terjadi nya looping yang di akibatkan pengiriman paket yang di sebuha jalur link yang mana paket nya tersebut tidak memiliki alamat tujuan atau tidak di kenal mac address nya. Jadi, switch akan membroadcast ke semua switch.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung atau pengertian yang kurang di pahami atau tidak jelas. Bisa anda beri saya masukkan saran, kritik, dan komentar ke saya. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.

0 coment�rios:

Post a Comment