Friday, March 22, 2019

Macam - macam Web Server

Assalamualaikum wr.wb.

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada  kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya yang bertentangan dengan dunia IT. Sebelum nya apa kabar semua nya ? Apa semua nya baik - baik saja, semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu di beri kemudahan.

Oke, pada kesempatan ini saya akan sharing kepada anda semua nya tentang macam - macam web server. Apa sudah ada yang tau web server ? Web server merupakan perangkat aplikasi yang menerima request dan mengirim response dalam protkol HTTP yang akan menampilkan layanan yang sudah di buat dalam sebuah server. Web server pun dapat menjalankan beberapa aplikasi web dengan bahasa tertentu dan bahasa pemrogaman. Web server ini bisa di ibaratkan sebagai penampil nya atau baju dalam analogi nya.

Berikut macam - macam web server yang sering di gunakan oleh orang IT.

  1. Apache HTTP Server merupakan web server yang sudah tidak asing lagi, banyak yang sudah menggunakan web server ini termasuk saya. Web server ini suatu pengembangan dari aplikasi web yaitu xampp. Apache merupakan usaha untuk membangun server open source yang banyak digunakan sistem operasi UNIX dan windows dengan kemanan, efisien dan ekstanbilitas bagi pengembang software dan kompatibel. Apache ini pertama kali di luncurkan pada tahun 1995 dan populer tahun 1996. Apache ini biasa digunakan dengan bahasa pemrogaman PHP.
  2. Apache Tomcat merupakan sebuah web server yang di gunakan  oleh keluarga java. Web server ini merupakan bawaan web server ketika anda menggunakan netbeans. Apache tomcat ini merupakan web server open source yang di khususkan untuk java servlet, javaserver page, java expression language dan java websocket. Yang saat ini berada di bawah  kendali Apache Software Foundation.
  3. Caddy merupakan sebuah web server yang di peruntukkan untuk blogger, designer, dan web developer. Yang di kembangkan oleh Matt Holt. Web server ini di dukung oleh beberapa protokol baru seperti HTTP/2, IPv6, Markdown, WebSocket, FastCGI, HTTPS, Loging, Multicore, Gzip, Clean URL Virtual Host.
  4. LiteSpeed adalah web server open source yang mendukung HTTP/2 yang biasa di gunakan untuk web hosting . LiteSpeed menjanjika ia sebagai web server yang compatible, stabilitas, keamanan, dan meningkatkan perfoma. Fitu yang mendukung ialah HTTP/2, PHP, perl, Ruby, dan python, IPv6 dan IPv4. 
  5. Lighttpd merupakan web server yang cocok dengan server yang sering mengalami load tinggi atau ngeloop. Dengan memory footprint, yang memiliki cpu yang lebih baik dan bisa mendefinisikan sebuah web dengan baik. Masih berlisensi BSD license.
  6. Glassfish merupakan sebuah web server yang digunakan oleh java untuk pertama kali  untuk keluarga java yakni aplikasi java EE 7. Web server ini mempunyai kesamaan dengan Apache Tomcat  yang disediakan untuk keluarga java.
  7. IIS merupakan sebua web server yang mendukung teknologi microsoft yang banyak di gunakan di keluarga ASP.NET. Yang mana di sebua sistem operasi windows yang di kelola oleh microsoft sudah terdapat web server IIS yang bisa di aktifkan, namun anda tidak sadar.  Bahasa yang digunakan seperti PHP dan Python. Web server ini merupakan kelolaan micorsoft.
  8. Cherrokee merupakan web server open source yang memiliki fitur inovatif, kaya, cepat, dan mudah di konfigurasi. Dikembangkan oleh Alvari Lopez Ortega pada tahub 2001.
  9. Jetty merupakan web server yang di kelola oleh Eclipse Foundation sejak 2009.  Jetty menyediakan web server dan javax.servlet container plus yang mendukung HTTP/@, WebSocket, OSGI, JMX, JNDI, dan JAAS.  Jetty digunakan oleg development maupun production. Jetty juga merupak web server java yang berdiri sejak 1995. Jetty bisa digunakan di aplikasi, framework, atau cluster.
  10. Nginx merupakan web server yang biasa digunakan developer Python, ruby, Go, dan PHP. Nginx support beberapa fitur lain seperti load balancer, application delivery content, microservice, content caching, security control, proxy, cloud service, application gateway, dan monitoring.
Nah, itu beberapa macam web server yang sering digunakan oleh devloper. Akan tetapi web server ini akan terus berkembang dengan teknologi yang berkembang.

Refrensi

https://www.codepolitan.com/mengenal-10-web-server-untuk-infrastruktur-web#

Manfaat

Dengan banyak nya macam - macam web server ini kita bisa menggunakan mana saja yang ingin di gunakan dan bisa di terapakn di dunia kerja.

Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung atau  pengertian yang tidak sesuai dengan, bisa anda beri saya masukkan dengan saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara pribadi. Semoga apa yang bisa saya sharingkan ini bisa bermanfaat meskipun sedikit. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb.


 

0 coment�rios:

Post a Comment