Monday, January 21, 2019

Remote Routerboard Via Telnet, SSH, dan Webfig

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya yaitu yang bertentangan dengan dunia IT. Bagaimana kabar nya hari ini semua nya? Apa semua nya baik - baik saja atau ada yang mengalami kesulitan. Semoga saja semua nya baik - baik saja dan selalu diberi kemudahan.

Oke, kali ini saya akan melanjutkan kegiatan sharing saya yaitu yang akan membahas bagaimana cara nya meremote sebuah routerboard dengan winbox, webfig,SSH, dan Telnet. Jadi, untuk meremote sebuah routerboar banyak cara untuk meremote nya. Yang banyak pasti menggunakan winbox, yang sering kita jumpai sekarang. Namun, tidak itu saja yang digunakan untuk meremote sebuah routerboard. Gimana kalau anda tidak mempunyai software winbox? Lalu anda mendapatkan tugas suruh mengkonfigurasi sebuah router. Apa anda harus menggunakan winbox? Ternyata ada beberapa cara untuk meremote nya, dengan SSH, telnet, dan webfig. Akan tetapi tidak hanya ini saja yang digunakan untuk meremote sebuah routerboard nya. Untuk lebih jelas nya, seperti berikut.

  1. Pertama untuk routerboard yang masih menggunakan ip default atau belum di konfigurasi sama sekali, bisa anda meremote nya menggunakan ip address ( 192.168.88.1 ) lalu username ( admin ) password ( kosong ).
  2. Kali ini saya akan meremote router yang sudah di beri ip address, username, dan password nya. Kali ini saya akan meremote via webfig. Masukkan ip address nya pada browser nya, tuliskan saja ip router nya baik yang sudah di setting atau masih default. Nanti akan muncul halaman Login dan password nya. Silahkan isi sesuai ketentuan yang ada pada router anda yang masih default atau sudah di konfigurasi sebelumnya. Login ( admin ) password ( ******* ).
  3. Yang kedua kita meremote via SSH. Yang mana SSH ini lebih secure, lebih aman. Untuk meremote nya seperti berikut. ssh username@ip address, lalu isikan password nya. ( ssh admin@192.168.43.52 ) Enter, lalu isikan password nya.
  4. Lalu, kita akan meremote dengan telnet. Telnet ini hampir sama seperti SSH, untuk konfigurasi nya seperti ini. Telnet ip address, lalu masukkin username dan password nya ( telnet 192.168.43.52 ) Enter. Isikan username nya dan password nya.

Manfaat
Jadi, tidak hanya winbox saja yang bisa meremote sebuah routerboard. Namun ada juga yang lain, seperti yang ada di atas tadi yaitu SSH, telnet, dan webfig. Yang mana fungsi nya seperti winbox, untuk mengkonfigurasi, melihat, dan membaca apa yang ada di routerboard nya.

Refrensi

e-book/linux/eBook MikroTik/Modul Mikrotik MTCNA - Rifqi.pdf


Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung anda dan konfigurasi yang kurang atau tidak bisa di pahami. Bisa anda beri saya masukkan kritik, saran, dan komentar. Semoga apa yang saya sharingkan ini bisa bermanfaat bagi anda semua nya. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment