Monday, January 7, 2019

Pengamanan Routerboard

Assalamualaikum wr.wb


Kembali lagi di blog sederhana saya ini. Apa kabar semua nya ? Apa semua nya baik- baik saja atau ada yang sedang mengalami masalah ? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan apa bila ada yang sedang mengalami masalah cepat terselesaikan.


Kali ini saya akan sharing tentang bagaimana mengamankan routerboard anda dari tangan - tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, saya akan sharingkan itu sekarang. Langsung saja bagaimana konfigurasiaa atau langkah - langkah nya tersebut. Sebelum nya bagi yang ingin belajar atau memperdalam tentang mikrotik, sebaik nya harus belajar atau memahami OSI layer, TCP/IP, dan dasar - dasar jaringan.

Perangkat dan software
  • Routerboard lengkap beserta kabel power nya.
  • kabel LAN.
  • Winbox untuk meremote routerboard.
Cara konfigurasinya :

  1. Buka winbox guna meremote routerboard, lalu conect kan saja. Sebelum masuk ke winbox, terlebih dahulu ip laptop atau komputer anda di satu jaringan dengan routerboard nya. Default ip routerboard 192.168.88.1  
  2. Makan  tampilannya seperti ini. Setelah itu klik menu System => users .
  3. klik admin => lalu isikan nama user routerboar anda sesuai dengan keinginan anda ( syafii ) => Apply => OK.
  4. Setelah mengisi username nya. Klik Password => isikan password 2 kali => Apply => OK.
  5. Setelah sudah di konfigurasi. Klik menu Exit. Paling bawah sendiri.
  6. Masuk lagi ke winbox untuk menguji nya sesuai yang sudah di konfigurasi tadi. username ( syafii ) passsword ( ********** ).
  7. Makan akan masuk lagi seperti biasa. Selanjutnya kalian bisa melakukan konfoigurasi apa pun yang diinginkan, konfigurasi ini hanya untuk mengamankan router anda.

Manfaat

Konfigurasi ini berguna untuk mengamankan router anda, apabila router anda tidak di amankan atau tidak di konfigurasi seperti diatas. Router anda akan mudah di remote orang lain dan juga bisa di acak - acak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.




Demikian yang bisa saya sharingkan kepada kalian semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan, konfigurasi nya, atau  kata - kata yang menyinggung. Bisa koment atau pun memberi kritik apa bila ada yang kurang paham. Semog bermanfaat dan sukses.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment