Saturday, February 16, 2019

Remote Router Cisco dengan SSH ( Training Cisco )

Assalamualaikum wr.wb

Kembali lagi dengan saya Muhamad Safi'i. Kali ini saya akan sharing apa yang sudah saya dapat hari ini.

Oke, kali ini saya akan sharing tentang remote Cisco dengan SSH. Mengapa saya mensharingkan ini, karena saya hari ini mengikuti training cisco. Kali ini saya akan meremote perangkat cisco yaitu router namun masih dalam simulasi yaitu  di Packettracer. SSH ini tujuannya untuk meremote sebuah perangkat jaringan yang harus ada konfigurasi tertentu yang harus ada. Beda nya SSH server dengan SSH di cisco ini, apabila SSH di server itu tidak menggunakan media kabel, kalau SSH perangkat cisco kita harus menggunakan kabel, yaitu kabel console. Nah, langsung saja kita lakukan konfigurasi nya. Sebagai berikut:

Sebelumnya saya berikan perintah - perintah yang nantinya akan di konfigurasi di router nya.
username syafii secret 123 ( untuk memberi username pada router dan memberi password )
hostname syafii ( memberi hostname pada router )
int fa 0/0 ( interface yang terhubung )
ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
no sh 
crypto key generate rsa  ( untuk mengenkripsi yang ada di router )
line vty 0 4
password 123
login local
transport input ssh
exit


  1. Buat Topologi  nya, terserah topologi nya. Namun kali ini saya menggunakan topologi sederhana seperti di bawah ini. Router ke PC menggunakan kabel console untuk meremote nya.
  2. Lalu double klik pada router, pilih mode CLI. Ketikkan perintah seperti ada diatas.
    username syafii secret 123 ( untuk memberi username pada router dan memberi password )
    hostname syafii ( memberi hostname pada router )
    int fa 0/0 ( interface yang terhubung )
    ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
    no sh 
    crypto key generate rsa  ( untuk mengenkripsi yang ada di router )
    line vty 0 4
    password 123
    login local
    transport input ssh
    exit

  3. Lalu kita remote dari PC. Harus satu jaringan dengan router.
  4. Beri ip address pada Host.
Jadi perintah yang di konfigurasikan pada router itu seperti di bawah ini.


Manfaat 

Dengan ini, kita bisa mengatur router tersebut dengan cara meremote dengan SSH yang mana sebelum kita meremote ini harus sudah di setting terlebih dahulu SSH nya oleh admin. Jadi, client bisa juga meremote suatu router yang sudah di atur oleh admin.

Refrensi 

Kakak trainer dari Best Path


Demikian yang bisa saya sharingkan kepada anda semua nya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan, kata - kata yang menyinggung, atau konfigurasi yang kurang tepat sehingga susah di pahami. Anda semua nya bisa kirim kritik, saran, komentar atau pun bertanya private pada saya melalui e mail saya musyafii21@gmail.com, kita bisa melakukan sharing bersama - sama. Semoga apa yang sharingkan ini bermanfaat bagi anda semua nya dan sukses selalu. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb


0 coment�rios:

Post a Comment