Monday, December 24, 2018

Menghubungkan Debian di Vmware dengan laptop

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi kawan semua nya! Pada kali ini bisa berjumpa lagi dengan saya Muhamad safi'i yang akan melanjutkan sharing saya yang bertentangan dengan dunia IT. Ya, sebelumnya bagaiamana kabarnya semua nya? Apa semua nya baik - baik saja atau ada yang sedang mengalami kesulitan ? Semoga saja semua nya baik - baik saja dan diberi kemudahan.

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang server. Ya, kita sedikit mengulas kembali tentang server, ya server merupaka pc atau komputer yang bisa memberi layanan atau service kepada client yang bisa digunakan oleh client. Sebelum nya kita sudah melakukan konfigurasi Debian server, yang mana debian ini sangat lah baik juga untuk digunakan sebagai server. Sedangkan kemaren kita melakukan konfigurasi Debian server pada virtual box. Nah, pasti ketika di konfigurasi di virtualbox tidak ada koneksi internetnya. Ada solusi nya, gimana debian yang ada divirtual box ini bisa mendapatkan koneksi dari laptop kita sendiri, biar seperti server beneran. Langsung saja kita lakukan konfigurasi nya.

Berikut cara langkah - langkah nya:

  1. Pertama kita atur terlebih dahulu settingan network nya. Seperti berikut: Klik setting => Network => Attached to ( Bridge adapter ) => Name ( wlp2s0 ) => permicious mode ( allow all ) => Ok.
  2. Lalu coba lihat dengan perintah ( ifconfig ) maka masih belum ada Ip nya. Lalu ketikkan perintah ( nano /etc/network/interfaces ).
  3. Setelah itu, isikan perintah seperti berikut. Usahakan ip, netmask, gateway nya seperti di bawah ini. Lalu, klik ctrl+x - y.
  4. Selanjutnya, restart jaringan nya ( service network  restart ).
  5. Lalu cek, dengan perintah ifconfig.
Manfaat

Dengan ini server yang ada divirtual box yang sudah kita install, bisa mendapatkan koneksi dengan satu jaringan dengan laptop kita. Jadi, laptop kita ini terasa sudah meiliki server. Dengan adanya koneksi dari laptop ini, kita bisa menggunakan server virtual dengan konfigurasi selanjutnya.

Refrensi

For-KITS-Book-Administrasi-Server-Jaringan-dengan-Debian-Wheezy.pdf

Demikian yang bisa saya sharing kan kepada anda semuanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata - kata yang menyinggung dan konfigurasi yang kurang jelas sehinggga tidak membuata anda paham. Bisa anda beri masukkan kepada saya dengan saran, kritik, dan komentar di artikel saya atau secara private. Semoga bermanfaat dan sukses. Terima kasih.


Wassalamualaikum wr.wb

0 coment�rios:

Post a Comment